Jumat, 01 Oktober 2010

Encapsulation.

Pengertian encapsulation

Encapsulation adalah : Proses transmisi lalu lintas jaringan yang menggunakan satu protokol jaringan dengan mengemasnya ke dalam protokol jaringan yang lain.

Dalam jaringan komputer, enkapsulasi adalah metode merancang protokol komunikasi modular di mana fungsi logis terpisah di jaringan diabstraksikan dari struktur yang mendasari mereka dengan dimasukkan atau menyembunyikan informasi dalam obyek yang lebih tinggi.


Lapisan fisik bertanggung jawab untuk transmisi fisik dari data. enkapsulasi Link memungkinkan jaringan area lokal dan global pengalamatan IP menyediakan komputer individu; UDP menambahkan seleksi aplikasi atau proses, yaitu, pelabuhan menentukan layanan seperti Web atau server TFTP.

Dalam diskusi tentang enkapsulasi, lapisan lebih abstrak sering disebut protokol lapisan atas sementara lapisan lebih spesifik disebut protokol lapisan bawah. Kadang-kadang, bagaimanapun, istilah protokol lapisan atas dan lapisan bawah protokol yang digunakan untuk menggambarkan lapisan atas dan di bawah IP, masing-masing.

Enkapsulasi adalah fitur karakteristik dari model jaringan yang paling, termasuk model OSI, danTCP / IP.


Topik berikut menjelaskan tahap-tahap dari encapsulasi dan decapsulasi data dalam proses komunikasi data.

Data c

Jika kita kembali ke contoh Jasa Antar, tiap layer membutuhkan proses tersendiri untuk meyakinkan pengiriman dan pengangkutan paket dari Atlanta ke Toronto. Agar hal ini dapat berjalan lancar, paket harus :

  • Harus mempunyai alamat tujuan dan nomor pengiriman yang jelas.
  • Disortir/diseleksi dengan paket lain yang dikirim ke Toronto
  • Ditempatkan di truk untuk dibawa ke pesawat khusus yang membawa paket ke Toronto
  • Sampai di tujuan, Toronto, paket diambil dan disortir dari paket lain dan dimasukkan ke dalam truk.
  • Truk mengantarkan paket ke alamat tujuan di Toronto.

Sepanjang perjalanan, alamat tujuanlah yang dijadikan referensi, walaupun informasi lain ikut ditambahkan, seperti nomor pengiriman dan nomor keberangkatan untuk menggunakan truk dan pesawat yang tersedia. Penambahan informasi ini tidak merubah isi paket atau alamat tujuan, hanya sebagai penunjuk jalan (routing information) yang dibutuhkan. Oleh karena itu, analogi ini menunjukkan model OSI adalah “modular”, mengijinkan modifikasi atau penggantian tiap layer tanpa mempengaruhi keseluruhan data.

Contoh Encapsulasi Data Terdapat 5 langkah dasar encapsulasi data :


Encapsulation Data

Keterangan

Langkah 1 (Data). Ketika anda mengirim sebuah email, informasi pesan dikonversi ke data dalam tiga layer teratas (Application, Presentation, Session) dan kemudian melewati layer Transport.

Langkah 2 (Segment). Pada Layer Transport, informasi protokol ditempelkan di data sebagai “header”. Meyakinkan bahwa komputer penerima akan dapat berkomunikasi. Data dan “header” dipaketkan menjadi segmen.

Langkah 3 (Packet). Segmen ditransfer ke layer Network dimana penambahan “header” berisi informasi alamat asal dan tujuan. Segmen dan “header” dipaketkan menjadi sebuah paket dan ditransfer ke layer Data Link.

Langkah 4 (Frame). Pada Layer Data Link, sebuah “header” dan “trailer” ditempelkan sebagai informasi tambahan dan dipaketkan menjadi sebuah frame. Frame menyediakan informasi yang dapat menghubungkan terminal dari jaringan satu ke jaringan lain.

Langkah 5 (Bit). Frame dikonversi ke deretan 0 dan 1 (bit) untuk transmisi melalui media jaringan pada layer Physical..























Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers

http://blokblokann.blogspot.com/. Diberdayakan oleh Blogger.

angel

angel
malaikat kematian

Encapsulation.