Jumat, 15 Oktober 2010

ENCAPSULATION C++

ENCAPSULATION C++
ENKAPSULASI (bahasa Inggris:encapsulation), secara umum merupakan sebuah proses yang membuat satu jenis paket data jaringan menjadi jenis data lainnya.
Enkapsulasi terjadi ketika sebuah protokol yang berada pada lapisan yang lebih rendah menerima data dari protokol yang berada pada lapisan yang lebih tinggi dan meletakkan data ke format data yang dipahami oleh protokol tersebut.

Enkapsulasi C++

Secara penuh kita mengenkapsulasi kode-kode maka kita telah membangun sebuah dinding perlindungan untuk kode-kode kita sehingga jika suatu saat tejadi kode corrupt atau kerusakan lainnya yang disebabkan karena kesalahan kecil dapat dengan mudah untuk ditemukan dan di perbaiki. Dengan enkapsulasi ini dapat juga untuk mengisolasi permasalahan menjadi bagian bagian yang lebih kecil.

Jika diinginkan bahwa object (property, method, dll) tersebut hanya nampak dalam lingkup kelasnya sendiri maka harus dideklarasikan menjadi bersifat private. Sebaliknya objek harus dideklarasikan sebagai protected jika diinginkan hanya nampak dalam lingkup kelasnya sendiri beserta kelas-kelas keturunannya. Perlu diingat bahwa jika object itu tersedia dalan suatu unit, maka object itu juga tersedia dalam sebuah berkas. Misalnya mendefinisikan dua buah class dalam unit yang sama maka masing-masing class itu akan bisa saling mengakses object-object yang bersifat private di kedua class.

Pada perancangan komponen harus ditentukan dari awal parameter (object) apa saja yang bersifat private, protected, public atau published. Berikut ini keterangan singkat tentang masing-masing sifat dan penggunaannya.

PRIVATE

Variabel dan metode yang sengaja disembunyikan agar komponen keturunannya tidak bisa mengakses atau memodifikasinya, harus dideklarasikan sebagai private. Biasanya beberapa parameter bisa diakses melalui property yang mempunyai direktif Read dan Write yang juga digunakan untuk mencegah agar pengguna tidak mengakses langsung ke dalam prosedur internalnya.

Mendeklarasikan bagian-bagian suatu komponen menjadi bersifat private akan membuatnya tidak terlihat oleh unit lain selain dirinya sendiri. Bagian-bagian yang dideklarasikan ini hanya bisa diakses dari unit itu sendiri.

PUBLIC

Metode dan property yang boleh diakses oleh semua pengguna. Metod edan property ini hanya bisa diakses pada saat aplikasinya dijalankan, tidak pada tahap perancangannya.

Mendeklarasikan bagian-bagian suatu komponen menjadi bersifat public akan membuat bagian-bagian itu terlihat oleh semua bagian yang mempunyai akses ke komponen itu secara keseluruhan.

Bagian-bagian yang bersifat public dapat diakses oleh semua bagian pada runtime, maka bagian-bagian ini digunakan untuk mendefinisikan antarmuka runtime. Antarmuka ini sangat berguna untuk item-item yang kurang cocok untuk tahap design-time, seperti property yang tergantung dari nilai masukan yang diberikan saat runtime atau yang bersifat read-only. Method yang memang direncanakan agar dapat dipanggil oleh pengembang aplikasi harus bersifat public.

PROTECT

Variabel, metode dan property yang bisa diakses dan dimodifikasi oleh komponen keturunannya, tetapi tidak oleh pengguna. Mendeklarasikan bagian-bagian suatu komponen menjadi bersifat protected akan membuat bagian-bagian itu hanya terlihat dalam komponen itu sendiri dan keturunannya.

Gunakan deklarasi protected ini untuk mendefinisikan antarmuka penulis komponen. Unit-unit yang ada pada aplikasi tidak mempunyai akses ke bagian-bagian yang protected ini, tetapi komponen keturunannya bisa. Ini berarti bahwa penulis komponen dapat mengubah cara kerja komponen tanpa memperlihatkan rinciannya kepada pengembang aplikasi.

PUBLISHED

Deklarasi published akan meletakkan property pada Object Inspector agar bisa dimanipulasi pada tahap perancangannya. Mendeklarasikan bagian-bagian suatu komponen menjadi bersifat published akan membuat bagian-bagian itu menjadi public dan akan membangkitkan informasi untuk runtime. Di antara informasi yang lain, informasi untuk runtime menjadikan Object Inspector dapat mengakses dan menampilkan property dan event.

Karena terlihat pada Object Inspector maka bagian-bagian yang bersifat published dapat digunakan untuk membentuk antarmuka design-time. Perancangan antarmuka ini hendaknya mempertimbangkan semua aspek yang memungkinkan pengembang aplikasi melakukan modifikasi pada design-time, tetapi menghindari property yang tergantung pada informasi tertentu untuk runtimenya.

Property yang read-only tidak dapat ditampilkan pada Object Inspector karena pengguna tidak dapat memberikan nilai langsung kepadanya. Property jenis ini harus public, bukan published.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers

http://blokblokann.blogspot.com/. Diberdayakan oleh Blogger.

angel

angel
malaikat kematian

Encapsulation.